Prinsip-Prinsip untuk Mendapatkan Hasil Terbaik dengan Freelancing

Prinsip-Prinsip untuk Mendapatkan Hasil Terbaik dengan Freelancing


Kamu bisa daftar atau registrasi menjadi Freelancing via link ini : Projects.co.id

Prinsip-Prinsip untuk Mendapatkan Hasil Terbaik dengan Freelancing

Seperti apapun di dunia ini, freelancing juga tidak ada jalan pintas. Anda perlu mengembangkan mindset dan prinsip tertentu untuk mendapatkan hasil terbaik:

Prinsip #1: Fokuskan Keseimbangan Antara Kualitas dan Biaya

Sebagai seorang freelancer, Anda tidak dapat semata-mata fokus pada kualitas tetapi mengabaikan biaya. Dan sebaliknya, Anda juga tidak dapat hanya fokus pada biaya/harga penawaran tetapi mengabaikan kualitas. Anda perlu menyeimbangkan keduanya. Anda tidak ingin memberikan penawaran harga (bidding) terlalu tinggi untuk jasa Anda, namun Anda juga sangat dianjurkan untuk tidak menawarkan keahlian Anda di harga yang luar biasa rendah. Baiklah, apa yang saya katakan mungkin tidak tepat. Anda boleh memberikan penawaran dengan harga (sangat) rendah, namun hanya dan hanya jika alasan Anda adalah untuk membangun reputasi dan membangun hubungan. Disaat reputasi Anda sudah bagus di Projects.co.id (dibuktikan dengan skor, rating dan ranking yang tinggi), Anda perlu menyeimbangkan penawaran harga Anda dan kualitas.

Prinsip #2: Tidak Melulu hanya mem-bid Project Bernilai Tinggi

Terutama jika Anda adalah seorang freelancer baru, jangan mengfokuskan diri Anda untuk hanya mem-bid pada projectproject bernilai tinggi. Project bernilai tinggi memang mengiurkan tetapi membutuhkan jam terbang yang tinggi. Mulailah dengan mengerjakan project-project bernilai kecil dengan baik dan pelan-pelanlah merangkak naik. Sepanjang perjalanan tersebut, bangunlah reputasi Anda.

Prinsip #3: Perlakukan Owner dengan Hormat

Semua orang suka diperlakukan dengan hormat. Menghormati orang lain sama sekali tidak merugikan Anda. Jangan bertindak seperti seorang tirani kecil hanya karena mentang-mentang keahlian Anda sangat dibutuhkan oleh owner. Hindari mengancam akan memberikan feedback negatif agar reputasi mereka rusak hanya karena kesalahan-kesalahan kecil yang dapat diperbaiki. Jangan lakukan ini.

Ingatlah bahwa owner juga memiliki kehidupan yang sibuk, sama seperti Anda. Mereka memiliki keluarga, bisnis yang perlu diurus, pekerjaan/project yang lain dan kadang-kadang mengalami keadaan darurat tertentu. Mengharapkan mereka standby 24/7 bukanlah cara yang tepat untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan. Perlakukanlah mereka dengan hormat dan Anda akan mendapatkan perlakuan yang sama. Hindarilah bersikap tidak menyenangkan dan saling menyalahkan. Diatas semua itu, ingatlah bahwa ownerlah yang membayar Anda. Jangan lupakan itu. Dan jangan lupakan pula owner yang sama mungkin akan memberikan Anda repeat order di masa yang akan datang.

Prinsip #4: Mengerti bahwa Kesalahan Terjadi

Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, demikian juga project Anda. Tidak ada project yang akan 100% bebas dari kesalahan. Ini terutama benar ketika Anda bekerja dengan owner baru. Mereka akan membuat kesalahan dan Anda pun akan membuat kesalahan. Ingatlah bahwa pada akhirnya kesalahan-kesalahan ini menuju pada kualitas dan project yang terselesaikan dengan baik.

Jangan panik jika terjadi kesalahan. Tunjukan saja bagian mana yang harus diperbaiki atau dijelaskan. Lebih penting lagi, jika ini adalah kesalahan Anda, akuilah itu dan tidak perlu disembunyikan. Berlaku jujur adalah langkah pertama dalam membangun kepercayaan. Pada akhirnya ini akan memberikan hasil yang lebih baik dan hubungan jangka panjang saling menguntungkan yang lebih kokoh.

Prinsip #5: Minta Deskripsi dan Instruksi dengan Jelas

Kesalahan umumnya terjadi karena sesuatu tidak dikomunikasikan dengan tepat antara owner dan worker. Orang membuat kesalahan ketika mereka tidak memiliki deskripsi dan instruksi yang jelas. Luangkan waktu untuk meminta deskripsi project yang detil.

Prinsip #6: Bertanyalah dengan Pintar

Banyak dari kita mengira bahwa bertanya hanya bertujuan untuk mendapatkan kejelasan, namun bertanya dengan pintar adalah salah satu cara terbaik untuk membangun hubungan awal dengan cara membuka percakapan (conversation). “Bertanya dengan pintar” menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan project tersebut, sudah membaca seluruh deskripsi project dan menunjukkan Anda adalah ahli di bidangnya. Jika Anda tidak ahli, Anda tidak dapat mengajukan pertanyaan yang tepat.

Prinsip #7: Bid untuk Besok, Bukan Untuk Hari Ini

Jika Anda ingin tetap memiliki project terus menerus, bid lah untuk hari besok meskipun Anda masih mengerjakan project lain hari ini, karena Anda belum tentu mendapatkan project yang Anda bid tersebut dan setiap project memiliki waktu beberapa hari/minggu sebelum ditutup. Dengan demikian Anda akan memiliki work flow yang lebih konsisten, lebih bisa diprediksi dan lebih menguntungkan.

Prinsip #8: Jangan berkata Jelek Mengenai Worker dan/Atau Owner Lain

Memuji diri dan menyebutkan kelebihan Anda adalah satu hal, namun menjelek-jelekan worker dan.atau owner lain adalah hal yang berbeda. Selalu merupakan ide yang buruk untuk menjelek-jelekan mereka. Menjelek-jelekan orang lain hanya akan memberikan kesan buruk terhadap diri Anda sendiri.

Alur Kerja Worker di Projects.co.id


Kamu bisa daftar atau registrasi menjadi Freelancing via link ini : Projects.co.id

Baca Juga: 
1
2
Jaringan iklan untuk hasilkan uang dengan bloggerDaftar CPM (Cost Per Million) Terbaik
3
Review Ad Networks Terbaik Dan Hasilkan Uang Dari Blog atau Website
4
Daftar jaringan periklanan popup dan popunder
5
Daftar Paid To Promote Terbaik
6
Daftar Short Url Terbaik
7
Daftar Jaringan Periklanan Indonesia Untuk Blogger yang Membayar

Prinsip-Prinsip untuk Mendapatkan Hasil Terbaik dengan Freelancing  Prinsip-Prinsip untuk Mendapatkan Hasil Terbaik dengan Freelancing Reviewed by Unknown on Juni 25, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.