Kisah Nyata Saya – Membangun Kerajaan Bisnis

Kisah Nyata Saya – Membangun Kerajaan Bisnis


Kamu bisa daftar atau registrasi via link ini : Projects.co.id

Kisah Nyata Saya – Membangun Kerajaan Bisnis

Kisah Nyata CEO dan Founder PT Panonpoe Media, Priyatna seorang entrepreneur

Mari saya menceritakan sebuah kisah nyata. Ini bukan kisah yang menyenangkan untuk diceritakan, karena ini adalah kisah kegagalan. Tepatnya, ini adalah kisah kegagalan saya.

Secara human nature, kita lebih suka menceritakan kisah kesuksesan, meskipun kita mungkin sangat yakin bahwa justru pada kegagalanlah kita belajar banyak. Sewaktu kuliah di Universitas Bina Nusantara semester 4 tahun 1998, saya bersama dengan dua teman (yang sayangnya “pecah kongsi” setelah beberapa tahun kemudian) memulai usaha penjualan hardware komputer lewat internet dengan modal masing-masing lima ratus ribu rupiah, separangkat komputer desktop rakitan Pentium I 120MHz, modem dial-up US-Robotic 56Kbps dan satu line telepon. Jaman itu adalah jaman “kuda gigit besi” karena koneksi internet yang tersedia buat user umum di Jakarta hanyalah koneksi dial-up yang kecepatan download-nya tidak lebih dari 3.5Kbps. Toko komputer online yang (mungkin) pertama di Indonesia dan dioperasikan di kamar kost saya di Kemanggisan, Jakarta Barat, ini berjalan cukup baik.

Mendadak pada sekitar tahun 1999 atau tahun 2000, saya jadi selebriti kecil-kecilan karena cerita “keberhasilan” ini diangkat dan ditulis di koran Kompas oleh salah satu wartawannya. Efek berantai dari tulisan tersebut adalah munculnya profil (usaha) saya tersebut di majalah Swa (Swasembada), di salah satu majalah berbahasa English yang saya lupa namanya dan munculnya foto close-up saya di halaman utama koran Bisnis Indonesia saat memenangkan award dari Kadin untuk kategori Best SME (Small Medium Enterprise). Dalam acara penganugerahan award tersebut, saya berdiri di samping Pak Onno W. Purbo yang menerima award untuk kategori IT. Akhirnya setelah sekian lama mengagumi dan membaca buku Pak Onno, saya berkesempatan untuk bertemu dengan beliau.

Harus saya akui, usaha ini memberikan cukup banyak manfaat ekonomi untuk saya dan keluarga. Tetapi toh setelah sebelas tahun berjalan, tepatnya pada awal 2009, saya memutuskan untuk menutup usaha ini. Alasan yang saya berikan dalam SMS pemberitahuan yang dikirim kepada ribuan kontak di phonebook handphone saya adalah bahwa saya sudah tidak memiliki passion lagi di industri hardware komputer ini. Mungkin ada benarnya karena usaha ini diawali dengan hobby mengutak-atik komputer sejak duduk di kelas enam SD, tetapi beberapa waktu sebelum shutdown, usaha ini hanyalah mengenai dagang, dagang dan dagang. It's not fun anymore.

Setelah hampir lima tahun berlalu, detik ini pun saya masih ragu: apakah itu alasan saya yang sebenarnya ataukah itu hanyalah alasan yang saya buat-buat? Apakah sebenarnya saya stress? Stress karena tidak maju-maju dan “hanya beginibegini saja?” Semakin saya renungkan, jawabannya adalah mungkin “iya!”

Harus diakui, jika saat itu saya memiliki pengetahuan dan skill yang sama dengan yang sekarang saya miliki, mungkin usaha saya tersebut masih ada (dan berkembang!). Apa perbedaan yang terutama antara saya yang waktu itu dan yang sekarang? Catat baik-baik karena ini mungkin akan mengubah hidup dan bisnis atau karir Anda!


Saat itu saya tidak tahu bahwa saya perlu (dan harus!) mengalihkan pekerjaan-pekerjaan tertentu pada ahlinya! Saya juga melakukan kesalahan yaitu terlalu banyak melakukan pekerjaan operasional dan melakukan Superman show. Well, mungkin saya tahu saya perlu mengalihkan pekerjaan pada ahlinya, tetapi yang saya tidak tahu adalah bahwa melakukan itu dapat mengurangi banyak biaya dan disaat yang sama mendapatkan hasil yang maksimal! Pikiran (bodoh) saya waktu itu adalah untuk mendapatkan worker dengan bakat terbaik akan menghabiskan banyak biaya, karena mereka jelas tidak mau dibayar seperti karyawan kebanyakan. Saat itu saya juga tidak tahu bagaimana dan kemana harus mencari tenaga freelance ahli yang bisa membantu saya mengembangkan usaha. Jika saja saya tahu waktu itu apa yang saya ketahui sekarang ini, saya akan membangun competitive advantages usaha itu dengan bantuan para freelancer di seluruh Indonesia dan menikmati hasilnya untuk waktu yang sangat lama.


Jika saja waktu itu ada situs semacam www.projects.co.id, mungkin saja toko komputer saya tidak tutup dan sudah berkembang saat ini.

Terlepas dari fakta bahwa saya adalah co-founder www.projects.co.id, saya sangat yakin bahwa www.projects.co.id akan sangat membantu pemilik bisnis, HRD perusahaan dan para pekerja professional di Indonesia pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kenapa saya begitu yakin? Karena saya telah merasakan manfaat yang luar biasa besar dengan sistem “mengalihkan pekerjaan-pekerjaan kepada para ahli di bidangnya” ini. Kenyataannya adalah usaha-usaha yang sedang saya kelola saat ini sebagian (besar) competitive advantages nya diciptakan oleh mereka, para ahli, yang dengan malu terpaksa saya akui, telah saya bayar hanya ketika saya membutuhkan mereka saja, Saat itu saya juga tidak tahu bagaimana dan kemana harus mencari tenaga freelance ahli yang bisa membantu saya mengembangkan usaha. Jika saja saya tahu waktu itu apa yang saya ketahui sekarang ini, saya akan membangun competitive advantages usaha itu dengan bantuan pekerja freelance seluruh Indonesia dan menikmati hasilnya untuk waktu yang sangat lama. dan itu pun dengan biaya hanya sepersekian dibandingkan jika mereka bekerja sebagai karyawan fulltime untuk saya.


Secara singkat, apa yang dilakukan oleh www.projects.co.id adalah mempertemukan pemilik pekerjaan/proyek (owner) Jika saja waktu itu ada situs semacam projects.co.id, mungkin saja toko komputer saya tidak tutup dan sudah berkembang saat ini. Terlepas dari fakta bahwa saya adalah co-founder www.projects.co.id, saya sangat yakin bahwa www.projects.co.id akan sangat membantu pemilik bisnis, HRD perusahaan dan para pekerja professional di Indonesia pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kenapa saya begitu yakin? Karena saya telah merasakan manfaat yang luar biasa besar dengan sistem “mengalihkan pekerjaan-pekerjaan kepada para ahli di bidangnya” ini. Kenyataannya adalah usaha-usaha yang sedang saya kelola saat ini sebagian (besar) competitive advantage nya diciptakan oleh mereka, para ahli, yang dengan malu terpaksa saya akui, telah saya bayar hanya ketika saya membutuhkan mereka saja, dan itu pun dengan biaya hanya sepersekian dibandingkan jika mereka bekerja sebagai karyawan fulltime untuk saya. dengan worker berbakat dan menjamin bahwa pekerjaan tersebut selesai sesuai perjanjian atau uang kembali. Pekerja mem-bid pekerjaan-pekerjaan yang diposting oleh pemilik pekerjaan/proyek dan pemilik proyek memilih penawaran terbaik untuk dirinya. Dengan sistem lelang pekerjaan seperti ini, Anda sebagai pemilik usaha atau HRD mendapat jaminan bahwa harga yang Anda dapatkan adalah harga terbaik, ditambah dengan fakta bahwa Anda tidak mungkin ditipu oleh pekerja karena dengan sistem escrow www.projects.co.id, jika pekerjaan tidak selesai, uang Anda akan kembali.

Kamu bisa daftar atau registrasi via link ini : Projects.co.id

Baca Juga: 
1
2
Jaringan iklan untuk hasilkan uang dengan bloggerDaftar CPM (Cost Per Million) Terbaik
3
Review Ad Networks Terbaik Dan Hasilkan Uang Dari Blog atau Website
4
Daftar jaringan periklanan popup dan popunder
5
Daftar Paid To Promote Terbaik
6
Daftar Short Url Terbaik
7
Daftar Jaringan Periklanan Indonesia Untuk Blogger yang Membayar

Kisah Nyata Saya – Membangun Kerajaan Bisnis Kisah Nyata Saya – Membangun Kerajaan Bisnis Reviewed by Unknown on Juni 24, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.