Arbitrase Dalam Dunia Freelance di Project.co.id
Arbitrase Dalam Dunia Freelance di Project.co.id
Bersamaan dengan dibebaskannya
biaya pengerjaan project/service dengan nilai <= Rp 100.000 akhir Oktober
2016 lalu, fitur arbitrase yang telah diperbaharui juga direlease.
Apa itu arbitrase? Kapan atau
dalam keadaan bagaimana arbitrase digunakan?
Arbitrase adalah jalur terakhir
penyelesaian sengketa antara project owner dengan worker/freelancer atau antara
service seller dengan buyer dan merupakan fitur wajib bagi platform freelancing.
Sebagai project owner atau
service buyer, jika worker/freelancer/service seller tidak menyelesaikan
pekerjaan seperti seharusnya, Anda menggunakan arbitrase. Sebagai
worker/freelancer/service seller, jika project owner/service buyer terus menambah
beban/scope pekerjaan diluar kesepakatan awal namun tidak menambah budget, Anda
berhak menggunakan arbitrase.
Sudah lewat deadline namun
project belum selesai juga? Boleh juga pakai arbitrase.
Intinya, arbitrase adalah jalan
keluar darurat Anda jika project tidak berjalan dengan seharusnya.
Ada 2 (dua) Jenis Arbitrase dan
Kenapa Anda Perlu Mengetahui Perbedaannya
Contoh kasus:
Worker A memenangkan project
"membuka password facebook yang hilang" dari Anda (Anda adalah
project ownernya). Sebelum memenangkan project ini, rating worker A adalah 5/5
alias sempurna dengan 1 (satu) project done.
Anda meng-arbitrase worker
tersebut karena telah (mencoba) menipu. Seharusnya ia membuka atau menemukan
password lama Anda yang hilang namun ia malah membuatkan account baru
seakan-akan account baru tersebut adalah account lama Anda.
1. Self Mediation
Self mediation adalah jika Anda
sebagai penggugat mengisi angka selain angka 0 (nol) pada "worker
receices" atau "owner receives" pada form Your Offer seperti
terlihat pada screenshot di bawah ini:
Jika worker A sebagai pihak
tergugat menerima penawaran (offer) Anda, maka arbitrase dinyatakan selesai.
RATING WORKER A TIDAK TURUN/TIDAK
BERUBAH, YAITU TETAP 5 OF 5 ALIAS SEMPURNA karena pada arbitrase self mediation
pihak tergugat mendapat rating netral jika ia menerima penawaran (offer)
penggugat. "Rating netral" artinya project ini tidak dimasukkan dalam
perhitungan rating sehingga rating worker tidak berubah setelah project
ditutup.
Kelebihan: cepat. Arbitrase dapat
selesai dalam hitungan menit jika direspon dengan baik oleh pihak
tergugat/pihak yang di-arbitrase.
Kekurangan: pihak tergugat akan
mendapat RATING NETRAL yang berarti PIHAK TERGUGAT RATINGNYA TIDAK TURUN
meskipun NYATA-NYATA PIHAK TERGUGAT BERMAKSUD MENIPU ANDA.
Dari contoh diatas jelas terlihat
bahwa ARBITRASE SELF MEDIATION TIDAK TEPAT DILAKUKAN JIKA ANDA INGIN
"MENGHUKUM" TERGUGAT DENGAN MEMBERIKAN RATING YANG BURUK KEPADANYA.
2. Diputuskan oleh Tim Arbitrator
Projects.co.id
Arbitrase yang diputuskan oleh
tim arbitration Projects.co.id adalah jika Anda sebagai penggugat mengisi angka
0 (nol) pada "worker receices" dan "owner receives" pada
form Your Offer seperti terlihat pada screenshot di bawah ini:
Misalnya pada contoh kasus ini,
tim arbitrator memutuskan bahwa pihak worker (tergugat) BERSALAH dan oleh
karenanya tim arbitrator hanya memberikan rating 1 (satu) bintang, maka rating
tergugat akan menjadi hanya 3 bintang (dari yang sebelumnya 5 bintang sempurna,
yaitu (5 bintang + 1 bintang) dibagi 2 project). Selain pemberian rating yang
rendah, hukuman untuk pihak yg dipandang
bersalah oleh Tim Arbitrator bisa juga berupa minus point.
Untuk setiap satu kali panggilan
arbitrase yang tidak dijawab, pihak tergugat akan dikenakan penalti -1 * (nilai
project/100rb). Tim Arbitrator juga bisa mengambil alih proses arbitrase dan
mengambil keputusan sewaktu-waktu jika ditemukan alasan kuat untuk itu.
Kelebihan: rating pihak yang
bersalah akan berkurang (drastis) sehingga memberikan efek jera yang dapat
akhirnya dapat melindungi pihak lain yang ingin berhubungan dengan pengguna
tersebut.
Kekurangan: bisa lama prosesnya.
Tergantung pada kecepatan respon pihak tergugat dan penggugat, peliknya
permasalahan dan faktor-faktor lainnya, arbitrase jenis ini dapat selesai dalam
beberapa menit tetapi bisa juga hingga beberapa hari terutama jika pihak
tergugat mengabaikan panggilan arbitrase hingga 3 (tiga) kali.
Pada dasarnya tim arbitrator
dapat memberikan tiga hal untuk menghadiahi atau menghukum:
- Bagian (prosentrase) dari nilai transaksi (Rp), besarnya 0 - 100%
- Rating, 0 - 10, di mana 0 = netral (tidak diperhitungkan dalam rating user secara keseluruhan) dan 10 = 5 bintang
- Point, yang besarnya mulai dari -5 x (nilai project / 100rb) sampai dengan 10 x (nilai project/ 100rb)
Dari contoh diatas jelas terlihat
bahwa ARBITRASE TANPA SELF MEDIATION TEPAT DILAKUKAN JIKA ANDA INGIN "MENGHUKUM"
TERGUGAT DENGAN MEMBERIKAN RATING YANG BURUK DAN PENGURANGAN POINT REPUTASI
SEMATA-MATA KARENA IA TELAH MEMBUANG WAKTU ANDA DAN/ATAU AGAR KOMUNITAS INI
DAPAT MENJADI LEBIH BAIK LAGI DI MASA DEPAN.
Tipe arbitrase manapun yang Anda
pilih, sejak akhir oktober 2016, keputusan arbitrase ditampilkan di halaman
profile pengguna dan halaman detil project sehingga pihak yang berkepentingan
bisa melihat track record user dengan lebih objektif seperti tampak pada
screenshot di bawah ini:
Pasti bermanfaat!
Projects.co.id adalah pasar
online yang menyediakan lowongan kerja online dan melakukan transaksi jual-beli
produk digital dan jasa (services) dengan aman.
Baca Juga:
Arbitrase Dalam Dunia Freelance di Project.co.id
Reviewed by Unknown
on
Juli 06, 2017
Rating:
Tidak ada komentar: